- Iklan -Iklan KPU 2020

Nyiurtimes.com, MANADO – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado akan dilaksanakan pada 23 September tahun 2020. Karena itu, pejuang demokrasi atau penyelenggara Pemilu harus benar-benar mengawal demokrasi di Sulut dan Kota Manado dengan pengetahuan yang cukup.

Pengetahuan tentang teknis pengawasan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan cara-cara yang sesuai aturan untuk menindaki setiap pelanggaran.

IklanSalam Kiss

Melalui kegiatan dari Badan Pengawas Pemilu Kota Manado yang dilaksanakan Sabtu, (25/01/2020) di salah satu Hotel,
Zulkifli Golonggom dan Viktory Rotty memberi Bimbingaan Teknis dan Pelatihan kepada para Panitia Pengawas Kecamatan se Kota Manado.

Bimtek ini sendiri dibuka langsung oleh pimpinan BAWASLU Manado, Taufik Bilfaqih dimana dalam kesempatan tersebut dirinya memberikan penekanan pada pentingnya pelatihan ini.

“Kerja pengawasan harus dimulai dari pengetahuan kita tentang aturan teknis dan berdasarkan tugas wewenang sebagai panwascam. Karena itu, kita butuh tambahan pengetahuan untuk memulai kerja kita,” Ujar Taufik Bilfaqih sambil memandu bimtek.

Adapun materi pelatihan dari Zulkifli Golonggom dan Viktory Rotty yaitu pengawasan pemutahiran data pemilih dan model manajemen pengawasan pencalonan perseorangan pada pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado.

Pengawasan penyusunan dan pemutahiran data pemilih menjadi hal penting sebagai pekerjaan awal pengawasan. “Ketaatan pada prosedur setiap tahapan penyusunan dan pemutahiran data pemilih perlu menjadi perhatian dan kerja-kerja awal teman-teman panwascam untuk menghindari permasalahan data pemilih di kemudian hari,” ujar Zulkifli yang merupakan mantan Komisioner KPU SULUT.

Sementara itu, Viktory Rotty mengingatkan tentang integritas sebagai Penyelenggara Pemilu yang menjadi bahan dasar untuk merumuskan model pengawasan bagi panwascam.

“Memahami tahapan, syarat pencalonan, dan dokumen-dokumen syarat bakal calon perseorangan, dan semua prosedur sampai penetapan calon, serta menjaga integritas adalah kunci dalam membuat model pengawasan berdasarkan regulasi serta tugas dan wewenang teman-teman panwascam,” ujar Viktor yang merupakan akademisi UNIMA ini.

Selain seluruh PANWASCAM se-Kota Manado yang merupakan peserta, Bimtek dan pelatihan dihadiri juga oleh Ketua dan pimpinan BAWASLU Kota Manado, Marwan Kawinda dan Heard Runtuwene, Kepala Sekretariat BAWASLU Manado Yoan Lasut, dan seluruh staf sekertariat BAWASLU Kota Manado. (Redaksi)