Kapolres! Usut Tuntas Galian C Ilegal di Minsel

Amurang,nyiurtimes.com–Tambang pasir ilegal rupanya mulai beredar legal di Amurang. Kian maraknya aktivitas galian c memantik kekuatiran banyak kalangan. Dalam benak mereka kalu hal semacam ini terus dibiarkan bisa berakibat fatal. Pencemaran hingga kerusakan lingkungan sekalipun tak bisa dielahkan. Apalagi lokasi tambang pasir mayoritas bedada tak jauh dari kawasan pemukiman warga. Salah satunya di desa Kilometer tiga kecamatan Amurang.
Olehnya itu, banyak kalangan berharap ada perhatian dari instansi terkait termasuk pihak kepolisian.
Menanggapi permintaan publik Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo merespon. Ia berkomitmen pihaknya akan ikut fokus memantau langsung aktivitas tambang pasir. Salah satu yang akan dilakukan menurut Prabowo,pihaknya akan lebih dulu membangun koordinasi dengan instansi pemerintah yang punya kewenangan di bidang itu. Walau begitu ia menegaskan setiap pertambangan yang tak mengantongi ijin adalah ilegal.
“Pertambangan illegal pastinya melanggar aturan, untuk itu akan berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan mengenai pendataan. Kami akan mencari formula apakah akan dilakukan penegakam hukum atau pendekatan persuasif kepada masyarakat,” kata Prabowo.
Ia pun sependapat pertambangan erat kaitannya dengan urusan lingkungan hidup.
“Jangan sampai akibat dari pertambangan liar, akan mengganggu dan merusak lingkungan hidup disekitar kita,” pungkasnya. (Viktor)