KAL Pulau Kabaruan Siaga di Perairan Tanah Porodisa

 

TALAUD– Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Kabaruan 1-8-32 tiba di Kabupaten Kepulauan Talaud, Rabu (2/4) kemarin. KAL Pulau Kabaruan Siaga di Perairan Talaud. Siap beroperasi amankan wilayah perbatasan dari segala bentuk ancaman. Atas upaya tersebut Pemerintah Kabupaten Talaud memberikan apresasi kepada Lanal Melonguane yang telah mendatangkan Kapal tersebut. “Sebagai pimpinan daerah, saya menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada Lanal Melonguane yang telah mendatangkan Armada KAL Pulau Kabaruan ini, ” ujar Plt Bupati Talaud Petrus Simon Tuange, saat menyambut kedatangan kapal TNI AL tersebut, di Pelabuhan Melonguane.

Disampaikan Tuange, Kabupaten Talaud terdiri dari 17 pulau. “Dari 17 pulau ini, 8 pulau berpenghuni dan 9 pulau tidak berpenghuni. Kemudian luas wilayah Kabupaten Talaud sebagian 97 persen adalah laut, sementara hanya 3 persen daratan. Kehadiran KAL Pulau Kabaruan ini bertanda negara hadir, negara peduli daerah perbatasan,” ucapnya.

Mengenainya, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba mengatakan, dengan hadirnya KAL Pulau Kabaruan ini bisa memperkuat Lanal Melonguane dalam mengemban tugas di laut. “Bergabungnya KAL Pulau Kabaruan di Lanal Melonguane terhitung sangat tepat secara kualitas maupun kuantitas guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas TNI-AL, ” kata Purba.

Lanjut katanya, keberhasilan pelaksanaan tugas TNI-AL didukung dua faktor yakni kehandalan Alutsista dan Profesionalisme prajurit sebagai pengawak yang mampu melaksanakan tugas dengan baik. “Serta memiliki standar kualitas kejuangan tinggi dengan jiwa sapta marga dan nilai-nilai trisila TNI-AL,” pungkas Purba. (tika)