Jokowi, Olly Hingga Anies Hadiri Pertemuan Tahunan BI

Hadiri Pertemuan Tahunan BI

Jakarta, Nyiurtimes.com – Bank Indonesia (BI) menggelar Pertemuan Tahunan BI 2017. Pada tahun ini, acara tersebut mengangkat tema “Memperkuat Momentum‎”.

Dalam acara yang digelar (28/11/2017) di Jakarta Convention Center (JCC), Bank Indonesia akan memaparkan proyeksi ekonomi nasional di tahun depan.

Presiden Joko Widodo, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sejumlah pejabat lainnya hadir dalam pertemuan ini.

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan ini kembali menekankan kekhawatiran terhadap situasi ‘new normal’ yang melanda arah perekonomian domestik dan global.

“Situasi sekarang ini new normal, orang banyak sering membandingkan dengan masa yang lalu, ya inilah profil yang ada sekarang, memang berbeda. Ini yang harus kita pahami dalam ambil kebijakan,” Ujar Jokowi seperti dikutip nyiurtimes.com

Sejumlah hal dipaparkan secara langsung oleh Gubernur BI Agus Martowardojo antara lain, pertumbuhan ekonomi, inflasi, kebijakan moneter, arah kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran.

Adapun arah kebijakan yang BI didasarkan pada tiga prinsip dasar kebijakan, yaitu berorientasi masa depan, berkesinambungan dan berimbang.

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG)Bank Indonesia (BI) yang berlangsung pada 15-16 November 2017 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,25 persen, dengan suku bunga Deposit Facility tetap 3,50 persen dan Lending Facility tetap 5 persen.

Gubernur Olly terlihat berdiskusi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan beberapa pejabat lainnya usai acara tersebut. (**)