Jaring Wirausaha Muda DPD Wimnus Kunjungi Poltekes Manado

Manado,Nyiurtimes.com—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sulut Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) pekan lalu mejalin silatuhrami dengan kampus Poltekes Kemenkes Manado. Visitasi dalam rangka jalin kerjasama di bidang intrepenur mudah itu diterima langsung Bidang Kemahasiswaa Lidya rumajar, S. Farm.

Dalam kesempatan itu, perwakilan Wimnus Ardyanto Rauf dan William Worotidjan memaparkan secara umum kerjasama yang akan di gagas bersama poltekes Manado.

“Jadi sasaran kita adalah menjangkua para mahasiswa. Nah salah satu kampus yang kita kunjungi untuk membangun kerjasama adalah Poltekes Manado,” ungkap Rauf kepada redaksi ini di Manado, kemarin.

Pria asal Palu yang juga tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu membedah urgensi menumbuhkan jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa akan mendorong tumbuhnya perekonomian indonesia terutama di sektor industri kreatif. Terbatasnya lapangan pekerjaan membuat kita harus bisa mempunyai jiwa untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru. Ia menerangkan dikalangan mahasiswa untuk bergelut dibidang wirausaha boleh dikatakan masih sangatlah minim. Mereka hanya berfikir setelah lulus harus bisa bekerja diperusahaan terkemuka padahal jika kita fikir kembali mau sehebat apapun jabatan kita di suatu perusahaan kita hanya seorang pesuruh.

“Beda dengan wirausaha maupunun kita jadi pemilik suatu usaha kecil kitalah yang menjadi bosnya. Jam kerja kita yang tentukan, hari libur seterah kita dan keuntungan tanpa dipotong apapun. Dari tidak ada modal sampai tidak mempunyai rencana yang serius dan matang adalah alasan yang sering dikemukakan oleh para mahasiswa,” ujar Rauf

Pola pikir mahasiswa yang demikian menurutnya perlu dibenahi agar dapat lebih memahami seberapa besar peranan wirausaha dalam kehidupan sehari-hari.

“Peran pendidikan khususnya pada perguruan tinggi sangat penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha sehingga terbatasnya lapangan pekerjaan tidak lagi menjadi masalah besar karena mahasiswa sudah mampu menjalankan usaha sendiri,” pungkas pengusaha muda itu. Olehnya itu, ia beranggapan misi mereka melakukan kerjasama dengan kampus-kampus di Manado, semata-mata untuk memberi motifasi kepada mahasiswa pentingnya membangun jiwa intrepeneur dalam diri.

Ia pun tak lupa memberi apresiasi pihak Poltekes yang begitu welcome menerima visitasi mereka.

“Luar biasa responnya. Terimakasih Poltekes sudah menerima kami. Melalui Ibu Lidya Rumajar. Semoga ini pertanda awal yang baik,” harapnya. (*)