Jangan Biarkan Bawaslu Sendiri Awasi Pemilu

Amurang,Nyiurtimes.com–Mengawasi pemilu memang berat. Itu sebab jangan biarkan Bawaslu sendiri. Publik pun harus aktif ikut memastikan pemilu berjalan secara adil. Kesadaran semacam ini penting menjadi komitmen bersama. Semata-mata hanya untuk menghadirkan proses pemilu berintegritas.

Pimpinan Bawaslu Minahasa Selatan Franny Sengkey mengatakan tanggung jawab mengawasi pesta demokrasi bukan sekedar menjadi kewenangan Bawaslu. Tetapi harus disadari urusan itu menjadi kewajiban semua steikholder.

“Undang-undang memberi kewenangan yang sangat besar bagi Bawaslu. Tapi itu tidak akan ada faedahnya kalau publik bersikap acuh. Justru kalau publik ikut proaktif niscaya hasil pemilu yang kita cita-citakan itu terwujud,” ungkap Sengkey.

Dia pun menyampaikan dalam rangka menyiapkan semua jajaran Bawaslu Minsel, Sabtu akhir pekan lalu sudah menggelar apel siaga pengawasan.
“Itu dihadiri ratusan jajaran kita. Dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan,” katanya. Olehnya itu menurutnya secara kelembagaan Bawaslu sudah sangat siap. (douglas)