Jalan Trans Makan Korban, Sondakh Tewas Diberondong Kelompok Bersenjata

Jayapura, Nyiurtimes.com – Yovicko Sondakh seorang operator alat berat asal Manado tewas diberondong kelompok bersenjata saat mengerjakan proyek jalan Trans Papua, di Kecamatan Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (12/12/2017).

Penembakan terjadi di sekitar SMP Mugi, dan diduga dilakukan oleh belasan anggota kelompok kriminal bersenjata.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi menuturkan, selain Vicko, anggota Denzipur 10/KYD, Prada Didimus Abidondifu yang diperbantukan dalam proyek pembangunan jalan tersebut juga terluka saat insiden itu terjadi.

Aidi mengatakan, Vicko dan Didimus, berangkat dari rute KM 114 menuju ke KM 112 dengan menggunakan alat berat untuk mengambil bahan bakar minyak. Namun, usai mengisi bahan bakar, alat berat tersebut mengalami kerusakan dan diperbaiki oleh personel dari Distrik Yal.

Keduanya lantas berjalan kaki menuju posko di KM 114. Di pertengahan jalan, keduanya dihadang oleh kelompok bersenjata berjumlah 16 orang.

“Prada Didimus tak bisa berbuat apa-apa. Kepalanya ditodong dengan pistol dan senjata yang dibawa Didimus dirampas oleh kelompok ini. Didimus ditendang ke jurang. Sementara, Vicko ditodong dengan senjata AK dan diseret ke hutan, hingga akhirnya ditemukan tewas,” ujar Aidi.

Rencananya, jenazah Yovicko Sondakh akan dikirim ke kampung halamannya Manado, Sulawesi Utara. (**)