Inspektorat Hanya Menfasilitasi BPK

TALAUD– Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud telah melakukan pendampingan pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Sulawesi Utara. Adapun pemeriksaan pendahuluan yang dilakukan BPK sejak 5 Februari lalu, akan berakhir Selasa (20/3) hari ini.

“Jadi sudah menjadi tugas kami mendampingi BPK ketika lakukan pemeriksaan laporan keuangan pemkab 2017. Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud sebatas mendampingi. Kita berusaha membawa tim dari BPK, kemana sana mereka mau. Melihat fakta yang benar. Melihat sesuai data. Dalam konteks itu kami selalu berharap yang terbaik,” ujar Kepala Inspektorat Modi Gumansalangi, kemarin.

Menurutnya, pendampingan yang dilakukan tersebut untuk membantu tim pemeriksa ketika mengalami kesulitan terhadap SKPD yang dituju. “Disini tugas Inspektorat dalam mencarikan solusi sehingga dokumen laporan diserahkan kepada BPK. Kita istilahkan menjemput bola, berusaha sehingga dokumen tersebut diambil dan diserahkan ke BPK. Pendampingan ini sudah dilakukan sejak awal pemeriksaan pendahuluan,” jelasnya.

Adapun katanya, pemeriksaan pendahuluan yamg berlangsung 43 hari, akan berakhir pada berakhir hari ini. ” lima hal yang diperiksa, pertama tentang kas, pendapatan, aset, belanja modal dan persediaan (menyangkut obat-obat). Plt Bupati selalu meminta agar BPK memeriksa sesuai fakta yang ada. BPK juga melakukan pemeriksaan terhadap bantuan parpol (memeriksa admin dan kelengkapan materi) tahun anggaran 2017. Ini merupakan syarat dalam pemberian bantuan 2018 ini. Untuk pemeriksaan lanjutan biasanya awal April nanti, sesudah penyerahan LKPD,” tandasnya.