Inga-inga! Pilhut Nanti Akhir Tahun

Amurang, nyiurtimes.com–Pelaksanaan pemilihan hukum tua (pilhut) serentak tahap II kembali tertunda. Setelah semula direncanakan digelar, April ini, pesta demokrasi di tingkatan desa itu ditunda Oktober. Kini, pilhut dipastikan bakal terselenggara akhir tahun nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Efer Poluakan mengatakan, konsentrasi pemerintah dan aparat keamanan terhadap pelaksanaan pilkada di beberapa daerah tetangga menjadi penyebab. Kata dia, pilhut digelar paling lambat awal Desember.

“Bila lebih cepat akhir November. Draft SK panitia sudah di meja Ibu Bupati. Ketua Panitia Pak Asisten I,” beber dia.

Dilanjutkan, peserta pilhut 63 desa. 46 di antaranya telah dan akan mengakhiri jabatan sementara 17 sisanya, Februari tahun depan.

“Ada rumusannya. Jadi mereka yang masih menjabat harus cuti. Sekarang sudah lebih dari 20 jabatan hukum tua yang di isi penjabat,” jelasnya.

Ditambahkan Kabid Pemberdayaan Desa Altin Sualang, pilhut serentak tahap terakhir nanti digelar 2020 mendatang. Sementara terkait pembiayaan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekira Rp 1 miliar di APBD 2018.

“Tugas panitia nanti tinggal menyelenggarakan. Kalau ada perubahan sesuai kajian panitia, pasti disesuaikan pada perubahan,” terangnya.

Terkait pengamanan nanti, Kapolres AKBP Winardi Prabowo mengatakan kesiapan personel bisa dijamin. Menurut dia, pelaksanaan pengamanan di Pilkada Mitra akan dijadikan bekal. Upaya preventif bakal dikedepankan bila potensi gesekan semakin besar. “Tapi bila sudah mengancam masyarakat lain. Kami siap mengambil langkah tegas. Tergantung situasi di lapangan,” tutupnya. (glas)