Indahnya Sunrise di Pantai Patokan, Tanjung Silar Bolaang Mongondow Timur

Tutuyan – Boltim Nyiurtimes.com – Setelah menempuh lebih dari 3 jam perjalanan darat dari Kota Manado menelusuri Pantai Timur Daerah sulawesi utara, kita akan sampai ke pusat kota Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Dan membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke gerbang pariwisata ini. Ya, inilah Kawasan Wisata baru yang lagi viral di Dunia medsos. “Pantai Patokan dan Tanjung Silar”.

Lokasi wisata yang berada di Sebuah Desa yang bernama Jiko ini cukup mengundang perhatian warga medsos akhir-akhir ini. Dengan berbekal restribusi Rp. 7000 untuk parkir dan keamanan di lokasi serta Rp. 25000 per orang untuk PP trip kita akan di bawah dengan “Pambut” (sebuah perahu kecil bermesin katinting) kita akan di bawah ke area Kawasan tersebut.
“sejauh ini kawasan gerbang dan lokasi wisata masih di kelola oleh 2 desa yaitu desa Molobog dan Desa Jiko” terang Pak Kansil, warga desa Molobog yg menjadi sopir pambut kami.
Perjalanan 5 menit menggunakan kendaraan air sangat efektif karena untuk mencapai area wisata belum ada jalan darat. Kami belum berharap untuk dibuatkan jalan darat karena dengan pambut ini adalah sebagian mata pencaharian di sini sangat terbantu. Tambahnya.
Lain halnya Oma Etty, warga desa Jiko yang menjadi salah satu pemilik warung di area wisata ini bertutur.
“untuk kawasan Pantai Patokan ini di kelola oleh swadaya Masyarakat desa Jiko melalui musyawarah Desa dan untuk Tanjung Silar di kelola sepenuhnya oleh Pemuda Karang Taruna Desa Jiko”. Jelas Oma Etty di sela – sela pelayanannya pada tamu yang lain.

Di tempat ini para pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang indah mulai dari perjalanan memakai pambut, tempat pemandian Pantai Patokan dan yang paling ditunggu di sana adalah spot Foto Tanjung Silar. So, siapa yang berminat, siapkan hari libur anda untuk mengunjungi tempat ini. (CdR) *foto-foto koleksi Armando Loho. S. Kom. M. Kom 081248336870