I Tu’tul Sumaup, Upacara Adat Mera Waruga (Pemindahan Kubur Tua) Pemukiman Tounsea Pertama

Airmadidi Nyiurtimes.com – Dengan di temukannya situs Maklentuai di daerah Pasini Airmadidi bawah. Rencana untuk memindahkan Waruga melalui upacara adat Sudah di tetapkan pada tanggal 31 januari 2018. Hal ini di tegaskan oleh Ketua Masyarakat Adat Pakasaan Ne Tounsea (Mapatu) Stenly Lengkong.
“Upacaranya bertepatan dengan Mahatembulelen (bulan purnama). Ini memudahkan jalannya acara ini selain di adakan ritual syukur juga sengaja diadakan pada hari yang baik”. Tegas Lengkong yang mengawal langsung mulai dari Penemuan, pembersihan sampai acara pemindahan ini.

“I tu’tul sumaup bukan hanya sekedar memindahkan kembali waruga seperti lazin yang di lakukan Pemerhati Budaya lainnya, tapi untuk mengatur dan menata kembali (tu’tul) atau “kaseh to’tol ulang orang tonsea bilang”, se detail mungkin dengan niat yang baik, jujur dan sungguh-sungguh dan bukan untuk proyeksi dari sebagian Waruga2 yang sudah hancur karena di makan usia juga perbuatan tangan – tangan manusia yang tidak bertanggung jawab pada tahun – tahun Sebelumnya”. Jelas Rinto Taroreh Pemimpin Ritual ini. Di tambahkannya juga kenapa memilih Pada saat Mahatembulelen atau bulan purnama, makna purnama adalah sempurna jadi bagaimana kesempurnaan Tempat terakhir para leluhur ini akan di buat kembali dengan niat yang baik dan sesempurna sebagaimana bentuknya walaupun sudah bukan asli lagi sesuai kesempurnaan Mahatembulelen. Tutup Taroreh.
Jadi di harapkan pada hari rabu, tanggal 31 januari di undang dan terundang kepada seluruh elemen masyarakat, pemerhati budaya ataupun siapa saja dengan niat yang baik untuk ikut menghadiri upacara adat ini yang akan di adakan di lokasi perkebunan skima – Maklentuai Airmadidi bawah. #savetanahadat (CdR)