Honorium THL Habiskan Rp 1, Miliar

TALAUD,Nyiurtimes.com- Tenaga harian lepas ( THL) yang dipekerjakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud sekira ada 800 orang. Jumlah tersebut tersebar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada.

Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange mengatakan, pemkab harus menyiapakan dana sebesar Rp 1, 8 Miliar untuk membayar honorarium THL tersebut.

” anggaran untuk pembayaran honor tidak sedikit. Karena itu, para honorer harus mempertanggungjawabkan uang tersebut lewat jurnal atau laporan kerja, terutama kinerja. Jangan sampai uang keluar tetapi tidak ada hasil kerja. Jadi anda semua bekerjalah sebaik mungkin. Tak ada yang saya beda – bedakan,” ujar Tuange dalam apel pembinaan bersama sekira 300 THL, di halaman kantor Bupati, Rabu(7/3) kemarin.

Pemkab harus berpikir keras menghitung kemampuan fiskal .Dimana keuangan daerah harus diatur sedemikian rupa supaya penyelenggaraan pemerintahan tidak gagal dan peruntukkan setiap item anggaran dapat menunjang program kegiatan. Kepada pimpinan SKPD, Tuange mengingatkan agar memperhatikan kedisiplinan honorer yang bertugas, juga soal pembayaran honor bulanan harus berdasarkan kehadiran THL.” Kalau diamprak harus berdasarkan kehadiran. Sebab kenyataan yang ada, di satu SKPD ada 10 THL yang ditempatkam namun aktif hanya empat orang. Yang empat orang inilah yang harus dibayarkan. Bukannya 10 orang,” tegas Tuange. (Tika)