GS Vicky Lumentut Raih Penghargaan Satya Lancana Kebaktian Sosial

Surabaya, Nyiurtimes.com -Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan Satya Lancana Kebaktian Sosial kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut dalam acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya Kota Surabaya Jawa Timur, Rabu (20/12/2017).

Walikota Lumentut dinilai berhasil dalam penanganan masalah strategis, yang tanggap, cepat, darurat, pembinaan kepada anak terlantar sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Manado.

Satya Lancana Kebaktian Sosial adalah tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah sebagai penghargaan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang telah berjasa dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya atau dalam suatu bidang perikemanusaiaan pada khususnya.

Dalam sambutannya, Menko PMK Puan Maharani mengatakan tema setiap acara HKSN boleh berubah. Tapi cita-cita membangun Indonesia harus tetap terfokus.

“Memang tidak mudah menyejahterakan rakyat Indonesia. Tapi saya yakin rakyat akan sejahtera kalau kita sama-sama bergotong royong, satu kata, satu suara, dan harus dilaksanan secara gotong royong,” kata Puan.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa dalam sambutannya mengatakan di tahun 2017 ini, Indonesia memiliki ranah khusus bagi rakyat Indonesia dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

“Pemerintah juga meminta agar kita menempatkan kepentingan masyarakat dan pengabdian pada Tanah Air, mempererat perbedaan dan keberagaman. Meluruhkan semua ego-ego demi bangsa Indonesia,” ujar Khofifah.

Walikota GS Vicky Lumentut pun menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang terus memberikan perhatian kepada Pemerintah Kota Manado khususnya dalam peningkatan kesejahteraan dibidang sosial, terutama bantuan ketika Kota Manado mengalami bencana alam. 

“Terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang terus memperhatikan kepentingan Kota Manado baik bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maupun bantuan disaat Kota Manado mengalami beberapa kali bencana seperti banjir dan tanah longsor,” kata Lumentut.

Walikota juga menegaskan penghargaan tersebut merupakan wujud kebersamaan aparat pemerintah dan didukung masyarakat Kota Manado dalam kerja sosial selama ini. 

“Penghargaan yang diserahkan ibu Menko PMK yang saya terima hari ini di Surabaya, merupakan karya dan kerja keras kita bersama, bukan hanya kerja Walikota atau Wakil Walikota ataupun aparatur pemerintah Kota Manado, tetapi dukungan penuh masyarakat Kota Manado. Terima kasih untuk semuanya, penghargaan ini didedikasikan untuk kita semua yang ada di Manado,” ujar Walikota. 

Walikota hadir dengan didampingi istri Prof. Dr. Julyeta Lumentut Runtuwene, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Sammy Kaawoan dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene. (**)