Golkar : Minahasa Harga Mati

Sulut,Nyiurtimes.com–Pilkada serentak 2018 adalah partai hidup mati sejumlah partai besar. Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra dan PAN. Apapun caranya lima partai ini bakal habis-habisan menangkan pilkada di enam daerah. Informasi orang dalam Golkar akan mati-matian berjuang di Minahasa. Ini semata-mata untuk kembali merebut kejayaan Golkar di Minahasa. Sebab Minahasa itu barometer politik. “Kita diinstruksikan untuk all out di Minahasa. Siap memenangkan Ivansa-CNR,” ungkap sumber dimaksud. Untuk kali ini, ia membocorkan semua mesin partai akan digerahkan ke Minahasa. Kader, simpatisan dan pendukung pasangan calon yang populer dengan jargon Minahasa BerSatu itu dipaksa memutar otak. Meracik strategi. Tidak gegabah. Sebab lengah sedikit saja, menurutnya Golkar akan menelan pil pahit kedua kalinya.

“Kalau lima tahun silam kita kalah di Minahasa, maka tahun ini mutlak kita merebut kembali kemenangan yang lepas diambil PDIP,” tandasnya.

Pengamat Politik Pemerintahan Ferry Liando juga memprediksi peluang Ivansa-CNR dalam pilkada Minahasa sangat terbuka luas. Ia menjelaskan secara politik paket keduanya akan sangat berbahaya bagi PDIP maupun partai lain. Karena keduanya didukung oleh dua politisi senior yaitu SHS dan SVR. Bagi Liando SHS dan SVR punya pengalaman yang luar biasa dalam berbagi kompetisi politik. Itu sebab sampai saat ini masih banyak pengikut dari kalangan elit sampai tokoh-tokoh di tingkat desa.

“Kemudian yang sangat penting adalah keduanya merupakan perpaduan dari dua etnik terbesar di Minahasa yaitu etnis tountemboan dan etnik tonsea,” nilai Liando. Menurut Dosen Fispol Unsrat ini, mayoritas pemilih Minahasa masih kental menentukan pilihan berdasrkan politik identitas. Sehingga yang bisa mempengaruhi pemilih adalah kedekatan secara emosional antara calon dengan pemilih.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu sejak ditetapkannya Ivansa-CNR sebagai jagoan Golkar di pilkada Minahasa, secara tegas Ia meminta seluruh kader Partai Golkar memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Minahasa.

“Mari kita menangkan Ivan-Careig pada Pilkada Serentak Juni 2018 mendatang. Mereka adalah calon resmi Partai Golkar. Keduanya adalah keputusan partai yang harus dihormati semua jajaran,” ujar Christiany Eugenia Paruntu kepada media ini, Sabtu (6/1/2018).

Malah Bupati Minsel itu memberi saran, supaya mendapat simpatik rakyat luas, pinter-pinterlah membawa diri di tengah masyarakat. Menangkan hati rakyat dengan cara-cara yang santun dan elegant.

Target menang, menurut Tetty, itu sudah jelas menjadi target Partai Golkar. Ivan Sarundajang dan Careig Naichel Runtu, diharuskan meletakkan kepentingan masyarakat di atas dari segala-galanya.

“Dengan cara-cara yang santun, kita rebut simpatik rakyat. Ayooh menangkan Ivansa-CNR. Itu pesan Ketua Umum Pak Airlangga yang harus ejawantahkan seluruh kader,” ucap Tetty mengutip pernyataan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto saat penyerahan SK kepada 171 calon kepala daerah dari Partai Golkar.

Seperti diketahui, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa pada Pilkada serentak 2018 telah diserahkan kepada Ivan Sarundajang dan Careih Naichel Runtu di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Keduanya disuguhi berita acara tanda terima SK serta berkas lainnya untuk kelengkapan administrasi untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).(*)