GERMITA Bakal Punya Kantor Sinode Baru

TALAUD– Gereja Masehi Injili di Talaud segera miliki kantor sinode baru. Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange, Senin (23/4) kemarin, menghadiri ibadah peletakan batu dasar pembangunan Kantor Sinode Germita, di Kecamatan Lirung, Pulau Salibabu.

Dalam sambutannya, Tuange berterima kasih atas eksistensi dari seluruh Jemaat Germita sehingga proses pembangunan Kantor Sinode yang baru boleh berjalan. Pemerintah menyambut baik dan menghargaai upaya maksimal dari seluruh jemaat Germita dalam pembangunan sarana dan prasarana keagamaan. “Saya berterima kasih bisa berada bersama warga Germita. Karena keberadaan Germita adalah bagian terbebar masyarakat di Tanah Porodisa. Ini aset daerah yang menjadi tumpuan pembangunan Talaud,” ujarnya

Ia mengatakan, pemerintah, gereja dan adat merupakan tiga pilar penyangga utama dalam pembangunan daerah. Tiga pilar ini adalah kekuatan yang luar biasa yang selalu dijaga keberadaannya. Dalam pelaksanaan pembangunan di Talaud, senantiasa ada kerja sama yang baik dari tiga pilar ini. “Gereja dan pemeintah sama-sama dua komponen yang merupakan modal dalam melaksanakan pembagunan daerah. Pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa apabila tidak bersama jemaat. Saya mendorong penyelesaian pembangunan kantor sinode yang baru. Secara bertahap pemerintah daerah berupaya bersama-sama dalam pembangunan kantor ini. APBD 2018 menyiapkan anggaran 150 juta rupiah untuk menopang pembangunan kantor sinode. Mari kita satu tujuan membangun gereja dan masyarakat di Tanah Porodisa,” tandasnya.

Bersama perwakilan Plt Kadis Kominfo DR Jety Pulu, Kepala Biro Hukum dan HAM DR Grubert Ughude, Kepala Biro Perbatasan Ir Jemmy Gagola yang merupakan perwakilan pemerintah provinsi, Plt Bupati Petrus Tuange meletakkan batu dasar pembangunan Kantor Sinode Germita.

Ketua Umum Sinode Germita Pdt Arnold Abbas dan para badan pengurus lainnya, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Purba, Kepala Kantor Kementerian Agama Talaud Yahya Pasiak, Anggota DPRD Denny Marthin, Wakapolres Kepulauan Talaud Kompol Maria Buida, dan para undangan lainnya turut hadir dalam acara ini. (tika)