Gelar Sosialisasi Pemilu Bawaslu Ajak Steikholder Awasi Pemilu

Amurang,nyiurtimes.com–Badan Pengawas Pemilu (bawaslu) Sulut, Rabu kemarin menggelar sosialisasi pemilu partisipatif di Sutan raja Hotel Amurang. Sejumlah narasumber tampil memberi materi. Diantaranya akademisi Unima Jhonly Tarore, Ketua Bawaslu Herwin Malonda, bersama dua koleganya Kenly Poluan dan Humagi. Dalam kesempatan itu beragam proyeksi pemetaan bagaimana mengantisipasi kecurangan pemilu melalui proses pengawasan yang partisipatif.
“Pemilu itu milik rakyat. Maka penting sebagai rakyat untuk terlibat aktif mengawasi,” ajak Malonda.
Ia pun menyebutkan dalam sosialisasi yang dilaksanakan dengan melibatkan berbagai steikholder adalah upaya mendongkrak partisipasi pemilih dalam rangka pengawasan Pemilu.

“Peran steikholder masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Tak hanya kewajiban Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu juga turut berkewajiban mensukseskan pemilu. Dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan nantinya, dapat berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” kata Malonda.

Selain itu, sosialisasis semacam ini juga menyadarkan pemilih untuk menjadi warga negara sadar politik.

“Terbitnya undang-undang Nomor 7 tahun 2017 memberi warna baru dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia yaitu dengan pelibatan masyarakat secara partisipatif dalam pengawasan pemilihan umum sesuai dengan jargon Pemilihan Umum Republik Indonesia yakni bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” Timpal Poluan. (viktor)