Gelar Silahturami, Kapolres : Terimakasih Pers

Amurang,Nyiurtimes.com–Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX Winardi Prabowo, Rabu kemarin menggelar tatap muka dengan awak media. Dalam sambutannya, Kapolres menjelaskan pertemuan dengan seluruh media cetak, online maupun elektronik guna mempererat hubungan persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan dengan insan pers yang ada di Minahasa Selatan.

“Saya juga mengajak semua insan pers media lokal untuk bersinergi dengan Polri dalam hal menjaga dan memelihara kamtibmas, sehingga wilayah kita dalam suasana aman dan kondusif. Untuk itu, media cetak, online maupun elektronik juga harus memberikan dan mempublikasikan serta menyajikan suatu berita maupun informasi kepada masyarakat secara akurat, berimbang dan terpercaya,” ujar Prabowo

Dalam pertemuan ini, Kapolres juga menerangkan keberadaan Polri yaitu keamanan dalam negeri (Kamdagri) yang meliputi terpeliharanya kamtibmas, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta menjunjung tinggi HAM, membutuhkan peran pers.

“Peran pers dalam menciptakan kesadaran hukum masyarakat, melalui transformasi nilai hingga tumbuh kepatuhan dan ketaatan pada hukum, dapat menciptakan tertib sosial masyarakat sehingga mendorong inspirasi, kreativitas, aktifitas masyarakat dan pembangunan. Pers memerlukan Polri dalam input informasi dan perlindungan keamanan dan perlindungan hukum, sehingga para jurnalis dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Perlu sinergitas yang dibangun dari pemahaman akan tugas dan peran masing-masing pers dan Polri,” tegasnya.

Menurut Prabowo, pers memiliki berbagai peran diantaranya yakni sebagai mitra kerja dan kontrol sosial. Selain itu, pers juga membuka akses keterbukaan dan akuntabilitas publik terhadap kinerja Polri.

Dalam kesempatan itu hadir pula Kajari Amurang Lambok Sidabutar, dan kepalan PN Amurang. (viktor)