Gelar Debat Kandidat di Jakarta KPU Diminta Tannggung Transportasi Paslon

TALAUD– Jakarta menjadi tempat pelaksanaan Debat Publik Perdana Kandidat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud. Keputusan tersebut disepakati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Talaud bersama perwakilan paslon dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Kampanye, di Aula Kantor KPU, Rabu (4/4) kemarin.
” Dari hasil rapat bersama dengan timses atau perwakilan paslon, disepakati pelaksanaan debat kandidat (Debat publik) perdana atau pertama berlangsung di Jakarta,” ujar Komisioner KPU yang juga Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Kader Talenggoran.

Dalam rapat tersebut, perwakilan keempat paslon meminta kiranya KPU dapat menfasilitasi paslon ataupun timses paslon untuk perjalanan ke Jakarta. ” Kalau memang debat kandidat akan dilaksanakan di Jakarta, kami minta sekiranya KPU dapat menanggung biaya perjalanan Paslon dan beberapa timses paslon,” ucap Suwempry Suoth, Timses Paslon nomor urut 4 Handri Piter Poae- Clartje Awulle.

Terkait hal tersebut, KPU masih akan menggelar rapat internal. ” Untuk fasilitasi paslon dan timses ke Jakarta, kami masih akan rapatkan internal dengan tim anggaran. KPU masih akan mencari formula terkait hal tersebut agar tidak menyalahi aturan,” jelas Ketua KPU Velma Sumee.

Sumee menambahkan, untuk jadwal debat kandidat yang dijadwalkan 12 April ditunda. ” Debat kandidat awalnya dijadwalkan 12 April, namun ditunda mengingat ditanggal tersebut akan berlangsung pula acara KPK yakni Deklarasi LHKPN dari masing-masing paslon, yang akan digelar di Kantor Gubernur. Paslon Wajib hadir,” terangnya.

Dalam kesempatan ini dibahas kembali beberapa hal terkait Alat Peraga Kampanye (APK), jadwal kampanye umum dan terbatas serta lain sebagainya. Diketahui, 50 timses diperkenankan hadir dan masuk dalam ruang debat. Adapun pelaksanaan debat kandidat akan berlangsung sekitar 21-28 April. (tika)