Foto dan video WhatsApp membuat penyimpanan smartphone penuh? Ini Solusinya!

Satu hal yang membuat kita jengkel saat menggunakan Smartphone adalah jika kita melihat tempat penyimpanan smartphone kita penuh dengan video dan foto yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp. Video dan foto tersebut otomatis diunduh oleh aplikasi WhatsApp saat ada yang mengirimkannya ke grup WhatsApp dimana kita terdaftar. Di artikel ini kami akan memberikan cara untuk menghentikan aplikasi secara otomatis menyimpan video dan foto di smartphone anda.

1. Buka Menu Settings (Pengaturan)

Buka aplikasi WhatsApp, klik tombol tiga titik di sebelah kanan atas layar kemudian pilih menu Settings

2. Data and Storage Usage

Setelah berada di tampilan Settings, pilih menu Data and Storage Usage hingga masuk ke tampilan seperti yang ada di gambar. Pada bagian Media auto-download terdapat pengaturan yang anda bisa ubah untuk menentukan media apa yang akan anda unduh secara otomatis.

3. When Using Mobile Data

Menu When using mobile data mengatur media apa yang akan anda unduh secara otomatis saat anda terhubung dengan internet menggunakan mobile data 3G/4G. Secara otomatis pengaturan standar adalah media Photos dicentang menandakan semua foto akan diunduh secara otomatis. Untuk tidak mengunduh secara otomatis silahkan hilangkan tanda centang tersebut. Kemudian klik OK.

4. When connected on Wi-Fi

Menu When connected on Wi-Fi mengatur media apa yang akan anda unduh secara otomatis saat anda terhubung dengan internet menggunakan jaringan Wi-Fi. Secara otomatis pengaturan standar adalah semua media tercentang menandakan semua media tersebut akan diunduh secara otomatis. Untuk tidak mengunduh secara otomatis silahkan hilangkan tanda centang pada semua media. Kemudian klik OK.