Dianggap Terbaik Dan Progress, Pemkab Boalemo Belajar Penyerapan Anggaran di Bitung

Nyiurtimes.com, BITUNG – Terkait Sistem Penyerapan Anggaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, Provinsi Gorontalo menyambangi Kota Bitung. Rabu (04/09/2019).

Kedatangan Pemkab Boalema di bawah pimpinan Wakil Bupati Ir. H. Anas Yusuf diterima langsung Wali Kota Bitung Max J Lomban, SE MSi didampingi Sekda Kota Bitung DR. Audy Pangemanan serta para Asisten Setda Kota Bitung bertempat di Balai Pertemuan Umum.

“Selamat datang dan selamat baku dapa kembali di Kota Bitung untuk seluruh Keluarga Besar Pemerintah Kabupaten Boalemo yang boleh hadir dan melaksanakan studi tiru pada saat ini, sehubungan dengan sistem penyerapan anggaran di Kota Bitung sebagaimana yang dimaksudkan untuk dibahas pada studi tiru bersama dengan pemerintah Kabupaten Boalemo,” ujar Lomban saat menerima rombongan pemkab Boalemo

Dalam kesempatan tersebut, Lomban menjelaskan bahwa anggaran di Kota Bitung kurang lebih menyesuaikan dengan kebijakan penyerapan anggaran se-Indonesia yang dipantau oleh Sekretariat Kepresidenan RI. Dimana ada target capaian yang harus dipenuhi oleh pemerintah Daerah, tak terkecuali di Kota Bitung.

“Untuk pencapaian target ini, kami terus melakukan evaluasi secara berkesinambungan di setiap bulannya dengan menggunakan sistem informasi Managemen Anggaran dan Monitoring Belanja yang di kenal dengan aplikasi si MAMA,” jelas Lomban

Pertukaran Cendramata antara Pemkot Bitung dan Pemkab Boalemo

Sementara itu Wakil Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf mengatakan alasan dipilihnya Provinsi Sulut, khususnya Kota Bitung sebagai Lokus untuk pelaksanaan studi tiru ini.

“Atas berbagai pertimbangan, selain perkembangan ekonomi makro, inflasi Daerah Kota Bitung yang dalam pengamatan Pemda Boalemo terbaik dan sangat progress,” ujar Yusuf yang saat itu didampingi Kepala Bapeda Kab. Boalemo Ir. Rusdin Aminu, MM, Kabag Ekbang Ulkia Kiu, SE MSi.

Yusuf juga mengatakan bahwa kegiatan studi tiru di Kota Bitung merupakan langka maju bagi pemkab Boalemo untuk mensinergikan beberapa strategi.

“Dalam hal penginputan realisasi anggaran yang berbasis kinerja dan untuk menggali informasi banding untuk meningkatkan kulitas belanja APBD dan APBN sebagaimana dilakukan oleh Pemkot Bitung,” tukasnya

Pada kesempatan ini juga, Wali Kota Bitung dan Wakil Bupati Boalemo saling bertukar cendera mata sembari berharap hubungan baik antar kedua daerah ini dapat terus terjalin. (REFLY)