Dianggap Kumabal, Gubernur Ancam Nonaktifkan Bupati Talaud

Gubernur Ancam Nonaktifkan Bupati Talaud

Sulut,Nyiurtimes.com–Gubernur Sulut Olly Dondokambey tegas memberikan sanksi kepada Bupati Talaud, Sri Wahyuni Manalip lewat surat resmi yang ditandatangani Gubernur.

Isi surat teguran tertanggal 31 Oktober 3017 itu, berkaitan dengan perjalanan dinas yang dilakukan Bupati Talaud tanpa mengajukan izin kepada Gubernur sebagaimana diatur dalam Permendagri 29 tahun 2017. Hal itu diungkapkan Karo Pemerintah dan Otda Jemmy Kumendong, pekan lalu.

“Surat sudah disampaikan. Surat ini adalah teguran kepada Bupati Talaud karena telah melakukan kegiatan menyalahi aturan,” tegas Kumendong.

Langkah Bupati Talaud itu, menurut Kumendong berdasarkan aturan, sudah menyalahi dan terancam sanksi nonaktif selama tiga bulan.

“Sesuai Undang-undang 23 tahun 2014, bupati/walikota bisa dinonaktifkan selama tiga bulan oleh menteri apabila melanggar aturan yang ditetapkan. Gubernur selaku wakil pemerintah pusat mempunyai wewenang memberikan penghargaan atau sanksi kepada Bupati/Walikota,” tandas Kumendong.

Surat ini juga lanjut Kumendong, telah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri dan Dirjen Otda Kemendagri.

“Bahkan tembusan surat ini disampaikan kepada seluruh walikota/bupati agar menjadi perhatian untuk tidak melakukan kegiatan yang menyalahi aturan. Surat ini juga sudah dikirim ke Mendagri dan Dirjen Otda dan pemerintah provinsi masih akan menunggu tindaklanjut dan instruksi dari Mendagri soal surat teguran ini,” pungkasnya. (redaksi)