Cuma Minsel Terima Hibah Kapal Pelra Kemenhub RI

Amurang, nyiurtimes.com–Warga Minahasa Selatan tak pernah habis melempar senyum kebanggaan. Sehari setelah kabupaten yang dipimpin duo top eksekutif CEP-FDW itu, menyabet peringkat I Anugerah Pangripta Nusantara pada Musrembang propinsi Sulut, kembali Bupati Minsel menerima langsung hibah kapal dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Penandatangan NPHD hibah kapal tersebut dipimpin langsunh Menhub RI BudI Karya Sumad yang dilangsungkan di Pelabuhan Soekarno Hatta Makkasar, Kamis (19/4) lalu. Pada kesempatan itu, Menhub menjelaskan hibah kapal 35 GT dengan daya tampung penumpang 24 orang ini, merupakan salah satu program kerja prioritas Kementerian Perhubungan dalam menunjang Nawa Cita.

Menerima hibah kapal

Khsusnya untuk meningkatkan peran serta pemerintah daerah dalam pelayanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat lokal diwilayahnya, baik untuk penumpang, barang maupun wisata. Ia mengatakan Kapal Pelra ini telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap.

” Seperti perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan penumpang,” beber Menhub.

Bantuan tersebut direspon luar biasa Bupati Christiany Eugenia Paruntu. Itu sebab Ia berharap dengan adanya bantuan ini, dapat menunjang aspek transportasi laut yang juga merupakan kearifan lokal, dalam menstimulasi daerah membangun sendiri, disamping ada bantuan sekolah dari Kementerian Perhubungan untuk pendidikan vokasi (Keahlian) bagi masyarakat agar mengerti keselamatan.
Bupati pun mengingatkan pemanfaatan kapal tersebut digunakan sebaik-baiknya. Apakah untuk wisata, penumpang, maupun barang, serta dipelihara dengan baik agar tidak ditarik lagi.

Bupati Tetty Paruntu saat mengecek langsung kapal hibah kementrian perhubungan bagi Minsel

“Kapal ini bisa digunakan sarana transportasi komersil demi menunjang sektor-sektor seperti Pariwisata, perdagangan, transportasi antar pesisir, dan Lainnya,” kata Bupati CEP sambil meninjau langsung kapal hibah dari Kementerian Perhubungan ini. (*)