BPJN Memang Lelet! Tol Manado-Bitung Lamban

Tol Manado Bitung Lamban

Auditor : Pemimpin redaksi
Sulut,Nyiurtimes.com-Parah. Kinerja Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV benar-benar beking ngelus dada. Pasalnya sebagai penangung jawab pembangunan Tol Manado-Bitung yang menelan triliunan rupiah itu, di nilai sangat lamban.

Saking leletnya, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono sempat kecewa. Saat melakukan sidak beberapa waktu lalu.

Akan hal ini, Kepala BPJN XV Jemmy Riel Mantik mengaku optimis penyelesaiaan jalan Tol Manado-Bitung tepat waktu. Hal itu diungkapkanya saat dicegat awak media di Kantor Gubernur, Senin lalu.

“Pastinya kita optimis. Itu sebab kita sementara pacu untuk benahi. Nah untuk sekarang sudah banyak spot yang dikerjakan. Kendala utama kita memang soal pembebasan lahan. Silakan cek ke lokasi saja,” katanya.

Diketahui, ruas jalan Tol Manado-Bitung merupakan impian warga Sulut. Apalagi ini adalah jalan tol perdana di kota Nyiur Melambai. Selain itu, akses tol tersebut juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dalam upaya peningkatan kesejateraan masyarakat.

Sebelumnya Presiden Jokowi sudah menargetkan jalan Tol Manado-Bitung harus tuntas 2018 mendatang. Anggaran yang sudah dialokasikan memang fantastis. Rp 3 triliun bersumber dari APBN plus pihak swasta yang tembus Rp 5 triliun. Malah pada pembebasan lahan sempat diambil dari APBD juga. (dou)