Bitung Dipastikan Ikut Verlap Kota Sehat 2019

Nyiurtimes.com, BITUNG – Kota Bitung dipastikan mengikuti Verifikasi Lapangan (Verlap) untuk penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2019. Selasa (13/08/2019)

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bitung dr. Frangky Soriton dalam rapat bersama antara Jajaran Dinkes, Kepala Puskesmas dan Pengurus Forum Kota Sehat (FKS), dalam rangka persiapan penilaian Verlap. Bertempat di ruang rapat Public Service Center (PSC) 119.

Menurut Kadis, setelah melengkapi persyaratan verifikasi administrasi yang terakhir yaitu akses Sanitasi melalui aplikasi STBM – Smart, akhirnya Kota Bitung dapat mengikuti Verlap KKS. “Persyaratan yang satu ini memang merupakan persyaratan yang baru, dan hanya diperuntukan bagi Kab/Kota yang diverifikasi untuk penghargaan Swasti Saba Wistara dan minimal sudah 3 kali meraih Swasti Saba Wistara,” Ujar Kadis didampingi ketua FKS Kota Bitung Wilson Wonte

Diketahui, Kab/Kota di Provinsi Sulawesi Utara hanya Kota Bitung yang diverifikasi untuk kategori tersebut. Dimana Kota Bitung sudah yang ke 5 kali meraih Swasti Saba Wistara (Kategori tertinggi dalam Penghargaan Swasti Saba, red) serta pada 2017 silam meraih peringkat 3 Nasional.

Kadis mengatakan bahwa Keikutsertaan Bitung dalam Verlap sendiri berdasarkan surat dari Kemendagri nomor 440/3395/Bangda pada 12 agustus 2019 hal Verfak KKS bagi Kota Bitung.

“Kemungkinan Kota Bitung akan diverlap setelah semua Kab/Kota yang lain, yang telah ditetapkan terlebih dahulu dilakukan Verlap. Kemungkinan 20 September atau 30 September 2019,” katanya sembari menambahkan bahwa rapat ini guna mempersiapkan semuanya untuk persiapan Verlap. (REFLY)