Begini Kata Kesbangpol Soal Ormas di Minsel

Amurang,Nyiurtimes.com–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minahasa Selatan merilis ada empat puluh empat organisasi masyarakat (ormas) yang telah mengantongi Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Walau begitu, baru dua yang sah mendapatkan rekomendasi kementrian dalam negeri (Kemendagri) melalui SKT. Itu ditegaskan Kaban Kesbangpol Benny Lumingkewas. Itu sebab ia menganjurkan kepada semua jajaran pengurus ormas dan lembaga pemasyarakatan lainnya untuk segerah mengurus dokumen register.

“Jadi perlu diingat berdasarkan Permendagri no 57 thn 2017 ttg Pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi Ormas pasal 5 da 6 bahwa surat keteramgan terdaftar bagi ormas yg tidak berbadan hukum diterbitkan oleh Kemendagri,” jelas Lumingkewas. Sementara tanggungjawab Kesbangpol adalah hanya sebatas melakukan verifikasi berkas dan dokumen.

“Ini perlu disampaikan kepada pimpinan Ormas. Supaya tidak salah memahami. Jangan sampai mereka berpikir cukup melaporkan di Kesbangpol dan dianggap sudah selesai urusan. Padahal dengan dikeluarkannya peraturan yang baru oleh Pemerintah Pusat secara otomatis merekalah yang mempunyai kewenangan dalam mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)”, ingatnya sambil menginformasikan

bagi Ormas manapun yang sudah beroperasi dan yang belum memiliki badan Hukum serta yang belum terdaftar di Kesbangpol Minahasa Selatan, wajib memasukkan berkas pendaftaran serta mengikuti bentuk persyaratan yang sudah di tentukan dan nantinya akan diproses lalu dikirim ke Pusat untuk di daftarkan. (*)