Begini Cara ASN Talaud Peringati HPSN

  • Bersih-bersih. Giat mengangkat sampah yang dilakukan ASN Talaud, kemarin. Foto lain kebersamaan usai melakukan pembersihan.

TALAUD,Nyiurtimes.com– Sekira 200 Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah disejumlah titik yang telah ditentukan. Adapun giat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Rabu (21/2) kemarin.

Aksi cinta lingkungan ini dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadula, Kadis Lingkungan Hidup Yetty Megansa bersama pejabat lainnya.

Giat kerja bakti bersama ini diawali dengan apel bersama. Pembersihan dipusatkan di Pelabuhan Feri sampai ke Pelabuhan Umum.
Kadis Lingkungan Hidup Yetty Megansa mengatakan aksi ini menindaklanjuti amanat Undang – Undang Nomor 18/2008 Tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Pemerintah Nomor 97/2017. Dalam PP tersebut ditargetkan 2025 nanti penanganan sampah dapat terpenuhi maksimum 70 persen.” Ini juga disosialisasikan kepada masyarakat melalui kerja nyata. Setiap hari ada petugas kebersihan yang membersihkan kota. Mengangkat sampah. Kegiatan hari ini (kemarin red) juga merupakan tindak lanjut dari pencanangan kerja bersama sejak 21 Januari sampai 21 April 2018, yang nantinya akan dilanjutkan dengan edaran dari Bupati ke semua instansi pemerintah, kecamatan, kelurahan, desa dan sekolah – sekolah,” ujarnya.

Plt Bupati Petrus Simon Tuange melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Alex Sahadula menuturkan, pencemaran sampah sudah menjadi keprihatinan nasional dan bahkan internasional . Sehingga lewat gebrakan – gebrakan yang didukung regulasi, penanganan sampah diharapkan dapat maksimal.” Hari ini dimulai dengan internal Pemerintah Kabupaten. Kita memberi contoh kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Sayangi bumi, bersihkan sampah. Ayo bergerak demi lingkungan yang bersih dan indah,” kata Sahadula mengutip tema HPSN 2018.

Lanjutnya, pada Maret mendatang pemkab akan mengundang masyarakat, forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat, Insan Pers, LSM dan elemen lainnya untuk bersama – sama melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah. ” Kita kerja bersama,” tandas Sahadula.(tika)