Bawaslu Minsel Temukan Pelanggaran Tim Kampanye Jokowi-Prabowo

Amurang,Nyiurtimes.com--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Selatan menemukan pelanggaran yang dilakukan tim kampanye Jokowi-Amin dan Prabowo Sandi di Minsel. Pernyataan ini diungkapkan langsung koordinator devisi hukum dan penindakkan Bawaslu Franny Sengkey.

Secara gamblang ia membeber pelanggaran tersebut perihal belum dimasukkannya tim formatur dan jadwal kampanye kepada KPU dan Bawaslu. Padahal menurut pasal 9 PKPU 23 tahun 2018 secara tegas mewajibkan tim kampanye kabupaten harus dimasukan ke KPU dan Bawaslu kabupaten sebelum waktu pelaksanaan kampanye dimulai.

“Namun sampai saat ini bawaslu belum menerima daftar tim kampanye seperti dimaksud dalam PKPU. Nah ini harus dicatat sebagai pelanggaran,” tegas Sengkey.

Begitupun dengan amanat pasal 11 PKPU yang sama. Bagi Sengkey semacam ada kurang perhatian dari pihak tim kampanye dua belah pihak. Baik Jokowi maupun kubuh Prabowo.

“Jadi tidak hanya tim kampanye. Jadwal kampanye pun hingga kini belum dimasukkan,” katanya.

Oleh karena itu sebagai wasit pemilu menaruh harapan pihak terkait memperhatikan regulasi sehingga pelaksanaan pemilu berjalan sesuai harapan undang undang. (dou)