Bawaslu Minsel Gelar Rakernis Bersama Parpol

Amurang,Nyiurtimes.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) mengenai penyelesaian sengketa Pemilu 2019, sejak Rabu (20/2) hingga Jumat (22/2) hari ini.

Acara yang digelar di aula Hotel Sutanraja Amurang itu dihadiri oleh seluruh perwakilan Partai Politik (Parpol) dan jajaran panwascam di 17 Kecamatan yang ada.

Selain itu, kegiatan yang membahas persoalan penyelesaian sengketa serta objek sengketa tersebut, juga melibatkan narasumber Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Amurang I Wayan Eka Miartha dalam kapasitas sebagai personil Gakkumdu.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat ditemui di sela-sela acara mengatakan tujuan digelarnya Rakernis untuk kembali menyampaikan persoalan terkait penyelesaian sengketa yang kemungkinan terjadi pada Pemilu 2019 mendatang.

“Olehnya itu. Tidak saja melibatkan jajaran kami di tingkatan bawah. Tapi juga mengundang Parpol. Ini dimaksudkan ada keseragaman pemahaman terkait proses penyelesaian sengketa termasuk perihal pengajuan sengketa,” ujar Keintjem.

Dia mengatakan dalam forum Rakernis sempat berkembang sejumlah persoalan yang ditemui parpol perihal penyelesaian sengketa.

“Hanya saja kami menjelaskan ada pengajuan sengketa yang tidak dapat diterima atau tidak terigester lantaran waktu pengajuan sengketa sudah kadaluarsa. Selain itu ada juga karena syarat formil dan materil yang tidak lengkap, yang dimungkinkan terjadi karena tidak mengetahui mekanisme yang ada,” tandas Keintjem yang didampingi koleganya Franny Sengkey dan Abdul Majid Mamosey.

Sehingga menurutnya dengan digelarnya rakernis ini. Ada harapan parpol dapat memahami mekanisme yang ada. Supaya kedepan dalam proses penyampaian sengketa sudah lebih baik.

Diketahui kegiatan yang digelar selama tiga hari itu pun melibatkan narasumber dari pihak Bawaslu Propinsi Awaludin Umbola dan Murtarin Humagi.
(Victor)