Bappelitbang Genjot Musrembang Tingkat Kecamatan! Begini Kata Ulaan

Musrembang Tingkat Kecamatan

Amurang,Nyiurtimes.com–Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang (Bappelitbang) Kabupaten Minahasa Selatan tengah fokus menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) di tingkat kecamatan, sejak 6-21 Februari nanti. Itu diungkapkan Sekretaris Bappelitbang Minsel Tertius Ulaan usai menyajikan materi perencaan pembangunan di kecamatan Motoling dan Motoling Barat, Kamis (8/2) yang dipusatkan di desa Lalumpe.

Ulaan menjelaskan Musrembang di tingkat kecamatan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan partisipatif dalam upaya untuk menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai situasi, kondisi dan perkembangan terkini. Artinya bagi alumnus Unsrat ini, musrembang adalah bagian dari rangkaian integral RKPD pemerintah kabupaten Minahasa Selatan. Yang kemudian akan disingkronkan dengan renja SKPD tahun 2019 nanti.

”Salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini agar tidak ada lagi program atau kegiatan Pemkab Minsel yang tidak melalui proses pembahasan dari tingkat Desa dan Kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sistem perencanaan yang partisipatif, dinamis dan transparan,” jelas Ulaan.

Ditempat terpisah Hukum Tua Desa Lalumpe William Sengkey, SIP mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah, dalam menyerap setiap usulan masyarakat, yang nantinya akan diprioritaskan pembangunan sesuai dengan tingkat kebutuhan dimana pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang ini Hukum Tua, Sekdes, serta unsur BPD sekecamatan Motoling, para pemdamping pedesa, juga staf Bapelitbang. (*)