Bantuan Anggaran Parpol Tetap Berlaku Sama

Amurang, nyiurtimes.com--Bantuan keuangan partai politik oleh pemerintah masih tetap berlaku sama. Walaupun sudah ada perubahan regulasi terbaru. Itu ditegaskan Kepala Badan Kesbangpol Minahasa Selatan Benny Lumingkewas. Ia mejelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 1 tahun 2018 yang merupakan hasil revisi PP nomor 5 tahun 2009 mengenai bantuan keuangan parpol sudah diatur secara kuantitif besaran bantuan kepada parpol.

“Jadi khususnya pasal 5 diatur besaran bantuan sebesar Rp1.500,00 (seribu lima ratus rupiah) per suara sah,” terang Lumingkewas.

Hanya saja kata dia dalam aruran tersebut ada klausul khusus yang memberi ruang bagi kondisi tertentu. Artinya kalau toh ada pemerintah kabupaten/kota yang alokasi anggaran bantuan keuangan kepada Partai Politik telah melebihi Rp1.500,00 (seribu lima ratus rupiah) per suara sah, alokasi anggaran bantuan keuangan kepada Partai Politik tahun berikutnya sama dengan jumlah bantuan keuangan kepada Partai Politik tahun anggaran berjalan.

“Nah kalau kita di Minsel sudah sejak lalu menetapkan besaran bantuan Rp 5000,00 per suara sah. Maka hal itu tetap berlaku seterusnya. Sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat 6 PP tersebut, ” tandas Lumingkewas

Besaran tersebut masih bisa dinaikan. Tetapi tentu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.
“Kalau aspek keuangan kita mampu bisa dinaikan. Tapi harus lebih dulu mendapatkan persetujuan Mentri, ” tutupnya. (viktor)