Astaga! Ketua KPU Minsel Terjungkal di Tahapan Sepuluh Besar

Amurang, Nyiur Times.com—Publik Minahasa Selatan dikejutkan hasil seleksi sepuluh besar yang diumumkan secara resmi oleh Tim Seleksi (Timsel) tahap II komisioner KPU kabupaten/kota di Sulut pada, Selasa 28 kemarin.

Dari sepuluh nama yang diumumkan dan dinyatakan lolos untuk di uji pada tahapan fit and propert test. Yang akan diuji langsung oleh KPU RI tak nampak ada nama Ketua KPU Minsel Dr Fanley Pangemanan.

Fakta itu langsung memantik respon publik. Ada yang merasa tak fair jika figur yang dianggap kompoten dan punya integritas bagus itu malah terjungkal.

“Tentu kaget ya. Sebab pak Fanly itu selama menjabat sebagai Ketua KPU kita anggap bersih. Punya integritas dan kompotensi yang mumpuni,” komentar Vil Senduk warga Amurang.

Apalagi kata dia kalau meninjau aspek undang-undang 7 tahun 2017 tentang pemilu. Ada klausul khusus yang memberi ruang pertimbangan bagi calon komisioner yang punya latar belakang pendidikan di bidang politik.

“Nah pak Fanly itu kan basicnya politik. Seharusnya itu jadi pertimbangan khusus. Selain itu beliau juga sekarang aktif sebagai Ketua KPU. Semestinya ada semacam apresiasi. Sebab sudah teruji,” ungkapnya. (*)

Berikut kesepuluh nama calon anggota KPU Kabupaten Minahasa Selatan, berdasarkan pengumuman Tim Seleksi bernomor 16/TIMSELKABKOTA II-SULUT/VIII/2018:

1. Azis Ramly Nuch

2. Christiani Rorimpandey

3. Fadly Munaiseche

4. Farland R. Lengkong

5. Fauzan Sirambang

6. Maidy M. Mamangkey

7. Maya Sarijowan

8. Rommy Harce Sambuaga

9. Victor Ratumbanua

10. Yurnie Sendow