ASTAGA ! BPOM Temukan Pedagang Jual Mie dan Bakso Berbahaya di Sejumlah Pasar Manado

Manado,Nyiurtimes.com–warga Sulut diminta hati-hati mengkonsumsi jajanan mie basah dan bakso. Pasalnya, Balai Pengawas Obat dan Makanan Propinsi Sulawesi Utara, menemukan sejumlah temuan bahan berbahaya (boraks) diantaranya :

Pertama : Pada mie basah yang dijual dipasar Bersehati Manado. Dalam rilis yang dikeluarkan pihak BPOM mengatakan dari 13 sampel yang diuji 92 persen positif mengandung boraks.

Kedua : Mie basah yang beredar dan dijual di pasar Karombasan juga mengandung boraks. Dari 7 sampel yang diuji 87, 50 persen positif.

Ketiga : Bakso yang beredar di pasar bersehati juga mengandung boraks. Dari 10 sampel yang diuji 1 sampel mengandung boraks 100 persen.

Pengujian laboratorium atas sampel-sampel makanan jenis mie itu dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut pengawasan BPOM atas temuan boraks ilegal di desa Koka Minahasa. Itu sebab menindaklanjuti temuan itu, BPOM membentuk tim temuan terpadu yang bekerjasama dengan dinas kesehatan kota Manado.

Sementara itu, guna mengantisipasi kejadian semacam itu terjadi lagi, tim terpadu pengawasan obat dan makan berbahaya akan terus meningkatkan koordinasi, mendorong produsen mie basah berkomitmen sesuai aturan, dan mengintensifkan pengawasan terpadu bersama BPOM. (*)