Astaga! Banyak Guru Kurang Disiplin

Talaud,Nyiurtimes.com– Minimnya tingkat kedisiplinan Guru di Kabupaten Kepulauan Talaud memprihatinkan. Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs Juldriko Potoboda mengatakan, berdasarkan hasil sidak dan monitoring ke sejumlah sekolah di Pulau Karakelang, didapati banyak guru yang tidak mengikuti apel dan sering meninggalkan kelas saat kegiatan belajar mengajar (KBM), yang merupakan tugas, pokok dan fungsinya.
“Saya prihatin. Secara administrasi, ya, beres. Sangat disayangkan banyak guru selalu menuntut tunjangan sementara kinerja tidak diperhatikan. Banyak jam pelajaran tidak diisi. Terbuang. Kalau dihitung-hitung, dalam sebulan berapa jam yang anda pergunakan untuk mengajar?. Kalau mau protes, silahkan langsung pada saya. Bayangkan saja dari delapan sekolah yang diambil sampel, lima diantaranya di bawah standar,” ujarnya, saat membuka kegiatan Penyampaian Sistem dan Penyaluran Aneka Tunjangan, di Aula Dinas Dikpora, Selasa (6/3) kemarin.

Kedisiplinan dan tanggung jawab para ‘oemar bakrie’ penerima berbagai tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi guru ( TPG ) di Kabupaten Kepulauan Talaud memang menuai perhatian khusus. Menuai sorotan tidak hanya dari masyarakat tetapi juga dari pemerintah.

Dihadapan sekira 200 pimpinan satuan pendidikan dari tingkat PAUD, SD, SMP dan Koordinator pengawas, Potoboda menjelaskan beberapa hal terkait menunggaknya pembayaran TPG Triwulan IV 2017. ” Kami sudah sampaikan kepada pimpinan ( Plt Bupati – red) saat di Kabaruan bahwa dari sekira Rp4 Miliar, ada Rp1 Miliar merupakan SILPA untuk tunjangan tahun 2016 yang belum terbayarkan karena menunggu SK. Sementara untuk sisanya sekira Rp2 miliar kalau dibagi pasti tidak sampai. Keputusan kami adalah lebih baik dibagi rata, sama- sama rasa. Karena itu belum dibayarkan untuk catur wulan empat, bulan desember 2017. Karena memang belum cukup,” jelas Potoboda.
Diketahui, kegiatan hari ini dirangkaikan juga dengan penyampaian mekanisme penerbitan SK penerima aneka tunjangan, mekanisme pemasukan dokumen aneka tunjangan tahun 2018 dan sosialisasi teknis pelaksanaan seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi tahun 2018. (Tika)