Alhamdulilah! Hari Ini Dandes Dicairkan

Hari Ini Dandes Dicairkan

Amurang,Nyiurtimes.com–Ketegangan para hukum tua di se-kabupaten Minahasa Selatan pelan-pelan mulai berkurang. Berganti sukacita. Pasalnya penantian panjang turunnya dana desa tahap II dipastikan mulai dicairkan, Senin (13/11) hari ini. Satu persatu wajah mereka mulai terlihat sumringah dan penuh sukacita. Itu terlihat pada beberapa waktu lalu saat melakukan pengurusan di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan.

Kepala Dinas PMD Evert Poluakan merinci dari 167 desa di Minsel baru ada empat desa yang sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pencairan. Artinya dari sisi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran tahap I, yang telah diperiksa dan dinyatakan sesuai dan dapat diterima pertanggung jawabannya. Itu sebab menururnya terhitung mulai hari ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) akan mulai merealisasikan pencarian 40% anggaran Dana Desa tahap dua. Yang mencapai jumlah total sekira Rp50 miliar lebih.

“Nah mengenai besaran per desa itu bervariasi. Ada yang Rp300 juta. Ada juga yang Rp400 juta. Sebagaimana diatur dalam regulasi. Ada indikator besaran wilayah, dan juga jumlah penduduk,” jelas Poluakan.

Empat desa dimaksud yakni, Desa Pontak Satu, Desa Koreng, Desa Pakuure Kinanean, dan Desa Ritey. Untuk itu kepada desa-desa yang belum memasukan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tahap I, diharapkan untuk segera memasukkan.

“Sedapat mungkin bisa dipercepat mengingat Desember nanti akan juga disalurkan dana ADD triwulan IV,” (glas)