Ahok Dapat Remisi, Fadli Zon: Belum Pantas!

Jakarta, Nyiurtimes.com – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, belum pantas mendapatkan remisi. Wakil Ketua DPR RI ini mempertanyakan dasar pemberian remisi untuk Ahok.

“Menurut saya sih belum pantas ya. Maksudnya tuh atas dasar apa?” kata Fadli, Jumat (22/12/2017).

Fadli Zon juga mempersoalkan status Markas Korps Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat dimana Ahok menjalani hukuman penjara. 

Menurutnya, perlu ada definisi dan penjelasan terlebih dulu apakah Mako Brimob termasuk rutan atau lapas.

“Jadi saya kira didefinisikan dulu. Kalau sekarang Mako Brimob sudah menjadi rutan, ada rutannya”. katanya.

Fadli Zon pun menilai bahwa seharusnya Ahok dipindah ke lembaga pemasyarakatan. Persoalan kekhawatiran terkait keamanan Ahok di lapas pun menurutnya tidak perlu ada dan jangan dibesar-besarkan.

“Ya saya kira kalau ada di lapas pun saya kira gampang kan bisa keamanan. Kenapa? Sudah ada standarnya”. ucapnya.

Diketahui bahwa Ahok telah resmi mendapat remisi khusus Hari Raya Natal Yesus Kristus 2017 dari Kemenkumham RI. Ahok mendapatkan potongan 15 hari dari vonis hakim 2 tahun penjara.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Adek Kusmanto mengatakan, pemberian remisi atau pengurangan hukuman Ahok sudah sesuai aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. (**)