Wakil Bupati bersama dua pimpinan DPRD berdiri tegak saat menyanyikan Indonesia raya

Amurang, nyiurtimes.com–DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Selatan menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi atas laporan keterangan pertanggungjawaban kepala Daerah kepada DPRD (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2017. Jumat akhir pekan lalu.

Paripurna yang dihadiri Wakil Bupati Frangky Wongkar itu, dipimpin Wakil Ketua Rommy Pondaag dan didampingi pimpinan lainnya Frangky Lelengboto itu.

Wakil Bupati bersama dua pimpinan DPRD berdiri tegak saat menyanyikan Indonesia raya

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Yopie Mongkareng didaulat langsung membacakan pokok-pokok pikiran rekomendatif legislator terhadap eksekutif. Menurutnya dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 69 Ayat 1 disebutkan salah satu kewajiban eksekutif adalah menyampaikan laporan keterangan pertanggungjwaban (LKPJ) penyelenggaraan pemerintahan. Olehnya sebagai pansus yang sudah menjalankan kewajiban melakukan pembahasan LKPJ sudah sepatutnya untuk menyampaikan rekomendasi sebagai bentuk pengawasan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Wakil Bupati saat memberikan sambutan

Sejumlah rekomendasipun diebutkan Mongkareng pada momentum tersebut. Diantaranya semua perangkat daerah di lingkungan pemkab Minsel untuk meningkatkan program kerja. Apalagi dalam urusan pelayanan publik. Begitupun dengan serapan anggaran yang sering tak terserap. Malah ada yang tak digunakan. Padahal itu merupakan anggaran pusat.
“Ini jadi perhatian penting. Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati,” ungkap Mongkareng.

Legislator serius mengikuti jalannya paripurna LKPJ akhir pekan lalu

Pansus juga menyarankan agar Bupati segarah meninjau sejumlah kepala perangkat daerah yang kurang maksimal. Supaya segerah dilakukan rolling.
Selain itu, iapun tak lupa menyampaikan apresiasi Pansus kepada Bupati Minsel atas prestasi yang di capai, bersama Wakil Bupati dalam menjalankan roda Pemerintahan, yang memasuki tahun ke tiga kepemimpinan.
Dalam Sambutan Bupati Minsel yang di sampaikan oleh wakil Bupati, Franky Wongkar SH, mengatakan, sebagaimana dimaklumi bersama bahwa penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah kepada dewan perwakilan rakyat daerah merupakan agenda tahunan yang secara yuridis formal dalam penyusunan masih mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2007.

Wakil Bupati saat menerima rekomendasi LKPJ yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Frangky Lelelengboto

Lanjut Wongkar, laporan keterangan pertanggungjawaban ini merupakan penilaian terhadap beberapa aspek , yaitu aspek administrasi publik yang berkaitan dengan posisi Pemerintah Daerah sebagai institusi Pelayanan Publik dan ini merupakan gambaran nyata dari adanya mekanisme yang seimbang, terhadap LKPJ tersebut.
Kabag Humas dan protokol sekertariat daerah pemkab Minsel Henri Palit SH. atas hal ini Mengatakan, Bupati Minsel menyampaikan Terima kasih atas dukungan partisipasi serta kerjasama yang selama ini telah dibangun dalam melaksanakan pembangunan dan roda pemerintahan baik kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa-Selatan.

Para pimpinan perangkat daerah

Hadir dalam rapat paripurna ini yakni , unsur Forkopimda, Asisten I Handry Sondakh, Asisten III James Tombokan, pejabat Esalon II, III, para Camat dan, Jajaran pemerintah, Sekretaris DPRD Minsel Lucky Tampi SH, serta para undangan yang turut hadir. (adv)