39 Siswa SMK Ikut Simulasi UNBK

Persiapan. Siswa-siswi SMK saat simulasi UNBK, kemarin.

TALAUD,Nyiurtimes.com— Pelaksanaan Ujian Nasional semakin dekat. Pihak sekolah dan siswa kelas XII mulai bersiap. Untuk dapat lulus mengikuti ujian nasional berbasis komputer ( UNBK ) pihak sekolah maupun siswa tentu harus melaksanakan uji coba.

Agar 39 siswa dapat memahami dan menguasai perangkat atau fasilitas penunjang yang akan digunakan, maka pihak SMK Negeri 1 Talaud menggelar simulasi UNBK, Senin (5/3) kemarin.

SMKN 1 Talaud merupakan salah satu sekolah yang nantinya melaksanakan UNBK. Untuk ketersediaan akses layanan internet, pihak sekolah telah menjalin kerjasama dengan salah satu tempat usaha penyedia jasa layanan intenet di Melonguane. Pengayaan mata pelajaran yang akan diuji juga terus dimatangkan dan dilaksanakan pukul 15.00 wita atau diluar jam belajar.

Hal ini diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMKN 1 Talaud Prokorus Menggasa, saat sedang mamantau pelaksanaan simulasi.

” Kalau guru sudah berusaha semaksimal mungkin. Tinggal bagaimana upaya siswa itu sendiri, karena mereka yang ikut ujian. Kalau target pihak sekolah , 100 persen siswa harus lulus. Terwujud atau tidak tergantung siswanya,” ujarnya.

Disisi lain, Menggasa mengungkapkan, salah satu kendala yang dihadapi saat ini untuk pelaksanaan UNBK, yakni ketersediaan tenaga kelistrikan sebagai sumber energi untuk menghidupkan perangkat elektronik seperti komputer dan fasilitas pendukung lainnya.

” Yang sangat krusial itu masalah listrik. Seperti hari ini terjadi pemadaman listrik PLN. Sehingga simulasi molor dari jadwal. Meskipun sekolah punya genset, tetapi kalo Porodisa Net (penyedia jasa internet) tak ada listrik, tetap tidak akan jadi ujian. Sekarang kan serba on line, “keluhnya.

Adapun mata pelajaran yang akan diuji yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran Produktif atau keahlian.(Tika)