2018! Ini Harapan Baru Legislator Minahasa Selatan

Amurang, Nyiurtimes.com – Tahun 2018 merupakan tahun pariwisata bagi Kabupaten Minahasa Selatan. Pesan profetik ini dikumandangkan Bupati Christiany Eugenia Paruntu. Itu sebab sebagian kalangan berharap ada sinergitas yang mampu ditunjukkan wakil rakyat. Artinya bagi warga sebagai legislator mutlak merumuskan regulasi peraturan daerah yang membuka akses untuk agenda pariwisata.

“Nah ini harus ditangkap para wakil rakyat. Kalau pemerintah sudah mencanangkan 2018 sebagai tahun pariwisata maka DPRD harus mampu mendesign perda yang mendorong terwujudnya Minsel sebagai destinasi pariwisata,” kata Stevy warga Amurang saat diskusi kecil di bilangan rumah kopi.

Alumnus Unsrat Manado itu mencontohkan bentuk perda yang bisa disodrokan untuk mengawal pariwisata semsialnya perda pengembangan rencana induk kepariwisataan. Kalau toh ini sudah ada maka bentuk-bentuk perda jenis ini harus mendapat perhatian khusus dari pihak legislatif sebab memang sangat strategis.

“Ini semata-mata untuk Minsel sebagai Kabupaten yang potensi kepariwisataannya sangat bagus. Juga untuk membangun daerah tujuan wisata supaya segerah terealisasi, “ jelasnya. Sambil mengatakan Efeknya juga kepada peningkatan perekonomian Kabupaten Minsel.

“Semoga saja kehadiran perda yang representatif ini segera terealisasi. Ini juga akan sangat mengembalikan citra legislator yang selama dianggap kinerja minor,” harapnya.

Sebelumnya diketahui sepanjang tahun 2017 silam puluhan ranperda yang diusulkan hanya beberapa yang sukses ditelorkan. Itupun yang berkaitan langsung dengan kepentingan DPRD dan juga perda reguler APBD. Sementara untuk agenda publik masih minus. (*)