2018 Infrastruktur Dominasi Program OD-SK

2018 Infrastruktur Dominasi Program OD-SK
HEBAT : Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

MANADO,Nyiurtimes.com–Sulut terus berkembang, tapi ekspektasi membangun duet OD-SK tak pernah berpuas. Dapuk kepemimpinan Sulut hebat ini, selalu tampil menggebrak dengan terobosan-terobosan inovasi. Tahun 2018 mendatang ada 10 fokus program prioritas yang sudah dicanangkan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Itu sebab Gubernur  berharap legislatif untuk menyokong secara sinergis.

“Kami harapkan dukungan DPRD untuk mensukseskan program prioritas di Sulut. Besar harapan Pemprov Sulut, ini bisa terwujud sehingga apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama bisa dituntaskan,” kata Olly.

Nah sektor utama sasaran pembangunan di tahun mendatang menurut Olly diantaranya
pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah seperti jalan ring road dan akses pariwisata Likupang.

Sebab bagi Olly kondisi Kota Manado hari ini, dari akses ketersediaan badan jalan sudah tidak seimbang lagi dengan mobilisasi aktivitas ekonomi. Malah tingkat kemacetan makin parah.

“Yang paling pokok adalah kita bereskan dulu kemacetan. Pemprov Sulut akan membuka akan memperluas akses Ring road. Begitu juga dengan rencana pengembangan jalan pariwisata dari bandara sampai di Likupang sepanjang 33 Km. Mengingat khusus untuk jalan pariwisata Likupang nanti akan dialokasikan pemerintah pusat dalam APBN dan APBN-P 2018,” kata Olly.

Diketahui, untuk menunjang program prioritas dimakasud, pemprov mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,4 triliun. Dengan rincian detil sebagai berikut.

  1. Program kedaulatan pangan yang terdiri dari pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan dengan anggaran Rp.24 Miliar.
  2. Pembangunan Pendidikan Rp.214,8 Miliar.
  3. Pendanaan bagi penanggulangan kemiskinan dan pengangguran sebesar Rp.48 Miliar.
  4. Pembangunan kesehatan dianggarkan Rp12,7 Miliar,
  5. Revolusi mental dan reformasi birokrasi Rp.144,5 Miliar.
  6. Infrastruktur dan pengembangan wilayah disediakan anggaran sebesar Rp.878 Miliar.
  7. Ketentraman dan ketertiban Masyarakat dianggarkan Rp.16,5 Miliar.
  8. Peningkatan daya saing investasi Rp.25,7 Miliar.
  9. Pembangunan Pariwisata Rp.11 Miliar.
  10. Pengelolaan bencana dan mitigasi iklim diplot Rp.16,8 Miliar.